7 Tujuan Perusahaan / Korporasi Anda harus mengikuti Outbound

7 Tujuan Perusahaan / Korporasi Anda harus mengikuti Outbound

OUTBOUND ialah Program untuk membangun saling memahami karakter anggota tim, sehingga mereka dapat mengelola konflik dan bekerja selaras menuju tujuan bersama secara kreatif dan produktif, yang bertujuan untuk melihat seseorang dalam wujud asli serta terlihat berbagai potensi, kelebihan dan kelemahan pribadinya, selain itu peserta dapat mengambil berbagai hikmah dari berbagai permainan. Pelatihan ini sangat membutuhkan kejujuran diri dan menerapkan gaya pendidikan orang dewasa (andragogi).


  1. Pengembangan Tim (Team Building)

Ada empat tahap perkembangan tim, yaitu: Undevelopment, Experimenting, Consolidating dan Mature.


  1. Pengembangan Kepemimpinan (Leadership)

Proses pengembangan kepemimpinan adalah sebuah proses jangka panjang yang tidak dapat dilakukan hanya dalam sebuah pendekatan sekali jadi atau sebuah proses instan. Selain membangun sistem, pengembangan kepemimpinan juga membangun model kompetensi, evaluasi dan sebagainya.


  1. Pengelolaan Perubahan (Managing Change)

Perubahan yang terjadi pun sudah pasti tidak dapat dihindari begitu saja, ada perubahan yang memberikan dampak positif dan ada perubahan yang membawa dampak negatif, dan keduanya sulit untuk ditebak. Sehingga manajemen perubahan menjadi sangat penting untuk diterapkan. Akan tetapi pada kenyataannya, proses perubahan itu tidak selalu mendapat respon yang positif  dari semua pihak.


  1. Pengembangan Budaya Organisasi (Culture Development)

Budaya organisasi memiliki fungsi yang sangat penting. Fungsi budaya organisasi adalah sebagai  tapal batas tingkah laku individu yang ada didalamnya.


  1. Perencanaan Strategis (Strategic Planning)

Perencanaan strategis adalah proses yang dilakukan suatu organisasi untuk menentukan strategi atau arahan, serta mengambil keputusan untuk mengalokasikan sumber dayanya (termasuk modal dan sumber daya manusia) untuk mencapai strateginya.


  1. Pengembangan Diri (Personal Development)

Pengembangan diri merupakan bentuk perwujudan dari aktualisasi diri, yaitu proses untuk mewujudkan dirinya yang terbaik sejalan dengan potensi dan kemampuan yang dimilikinya. Setiap individu mempunyai kekuatan yang bersumber dari dirinya, namun banyak orang yang merasa tidak mempunyai kemampuan apa-apa, merasa dirinya tidak berguna dan tidak mampu mencapai aktualisasi diri.


  1. Komunikasi Efektif ( Efectiveness Communication )

Komunikasi yang mampu menghasilkan perubahan sikap (attitude change) pada orang yang terlibat dalam komunikasi, sehingga saling bertukar informasi, ide, kepercayaan, perasaan dan sikap antara dua orang atau kelompok yang hasilnya sesuai dengan harapan.


Karya Jiwa Indonesia Selasa, 10 Mei 2016 Outbound

Bagikan Post

Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar